Cari Blog Ini

Minggu, 18 Desember 2011

Jadi Manusia Paling Beruntung karena Bersyukur

Pada prinsipnya saya menjalani hidup ini hanya mengalir dari hari ke hari, sesuai dengan jalan hidup yang telah Allah gariskan. Saya tidak pernah punya obsesi. Saya tidak mau menjadi orang yang diperbudak oleh obsesi atau materi. Semuahal dalam kehidupan ini membuat saya senantiasa bersyukur. Baik itu nikmat maupun ujian, dari yang kecil, apalagi yang besar. Dengan bersyukur tentu akan lebih indah, lebih ringan.

Pernah juga tercetus pertanyaan atas hal-hal yang terjadi pada diri saya, terutama ketika cobaan datang. Pertanyaan itu muncul pada saat pemahaman dan keyakinan belum bulat. Namun, setiap manusia akan menjalani proses kehidupan. Di situlah terjadi tempaan diri yang akan melahirkan pematangan dan pendewasaan diri.

Pengalaman itu akan menadi guru yang paling berharga. Umumnya hikmah setelah ujian itu disadari belakangan. Alahmdulillah, ternyata semuanya terjadi untuk kebaikan sekarang. Berarti Allah sayang sama saya dengan memberi kesempatan kepada saya untuk menjadi manusia yang lebih kuat, lebih baik dan lebih sabar. Yang patut disyukuri adalah hikmah dibalik itu. Otomatis kita belajar membentuk pribadi yang lebih matang, lebih yakin, lebih mantap dan lebih tawakal.

Hidup ini sudah begitu indahanya. Dibandingkan dengan begitu banyak orang lain yang susah, sudah sepantasnya saya bersyukur. Dan saya nggak perlu alasan untuk bersyukur. Saya nggak perlu suatu kejadian tertentu, baru bersyukur. Sadar diri aja, bahwa hidup ini sudah luar biasa indah, apalagi yang mau dicari. Bersyukur juga salah satu kendali diri. Mengingatkan untuk berbagi, bahwa ada hak orang lain di sini. Semua yang kita dapatkan ini karena Allah semata.

Kadang kita dibuat malu oleh Allah. Allah memberikan bertubi-tubi kemudahan, sementara perilaku, sifat dan pembawaan diri kita masih sangat jauh dari sempurna. Ya Allah aku masih begini, nikmat masih saja diberi, betapa Maha Baiknya Engkau. Oleh sebab itu saya selalu mengoreksi diri, bermuhasabah,apa yang harus saya perbaiki.

Hal lain yang sungguh sangat saya syukuri adalah saya bisa dekat dengan orang-orang yang saya sayangi, keluarga. Kami bisa saling berbagi. Alahmdulillah ada anak, suami, ibu. ada orang-orang di sekeliling saya yang menyayangi saya dan saya sayangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar